Wisuda Tertunda Karena Status

Posted: September 2, 2010 in news

Tiga mahasiswa Konsentrasi Desain Komunikasi Visual (DKV) Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa Sastra dan Seni (FBSS) UNP terpaksa menunggu untuk diwisuda periode Juni mendatang. Mereka yang seharusnya wisuda Maret lalu dihadapkan pada dua pilihan oleh pihak jurusan.

Memakai gelar Sarjana Pendidikan Desain Komunikasi Visual (S.Pd.Dkv) atau mengundur wisuda pada periode Juni ini. Mereka mengaku bingung karena jurusan mereka bukanlah berstatus pendidikan. “Mata kuliah kependidikan saja, kami tidak pernah belajar,” ujar salah seorang sumber Ganto yang tak mau disebutkan identitasnya ini, Selasa (19/5).

Tak bisa diwisudanya mereka (tiga mahasiswa yang tidak mau dipublikasikan identitasnya) untuk periode Maret menimbulkan kekecewaan dari mereka karena terpaksa menunda wisuda hanya karena belum ada gelar. “Belum lagi tuntutan dari orang tua dan keluarga yang berharap kami segera untuk wisuda dan mencari pekerjaan,” keluhnya lagi.

Ketua Jurusan Seni Rupa, Dr. Ramalis Hakim, M.Pd., menjelaskan, ditundanya wisuda bagi tiga mahasiswa DKV BP 2004 memang dikarenakan belum adanya gelar. Hal ini dikarenakan DKV masih berstatus konsentrasi. Tapi, kata Ramalis pihak jurusan juga telah berupaya dalam mengajukan proposal ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) mengenai status DKV dari konsentrasi menjadi Program Studi (Prodi). Dulu, lanjut Ramalis, tahun 2006 pihak jurusan juga telah mengirimkan proposal ke Dikti untuk tujuan yang sama. “Namun Dikti menginginkan DKV dari Diploma (D3) menjadi Strata (S1) saja, bukan berubah status ke Prodi, ,” terangnya Senin (25/5) di Pascasarjana UNP.

Di tahun yang sama, pihak Jurusan kembali mengajukan proposal ke Dikti masih untuk status DKV menjadi Prodi. Usaha itu pun belum membuahkan hasil, Sabtu (23/5) proposal yang diajukan jurusan dikembalikan Dikti ke jurusan terkait ada beberapa hal yang harus diperbaiki. ”Sekarang pihak jurusan hanya bisa menunggu. Sekitar dua bulan ini SK turun dari Dikti untuk status DKV menjadi prodi,” ujar Ramalis pasrah.

Tak mau berlarut untuk masalah wisuda mahasiswanya, pihak jurusan membicarakan persoalan itu kepada Dekan FBSS dan Rektor UNP. Dari pembicaraan itu diputuskan tiga mahasiswa terlantar ini akan diwisuda periode Juni mendatang. “Mahasiswa DKV BP 2004 pasti akan diwisuda bulan Juni mendatang serta akan memiliki gelar sesuai dengan program studinya,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Dekan FBSS, Drs. Rusdi Thaib, M.A, Ph.D, mengutarakan hal yang tak jauh berbeda. Karena masih berstatus konsentrasi, tiga mahasiswa DKV yang pada awalnya akan wisuda periode Maret diundur periode Juni mendatang. “Mereka akan diwisuda Juni mendatang dengan gelar Sarjana Desain (S.Ds),” ungkap Rusdi di ruangannya, Rabu (27/5). (SKK Ganto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s