MTQ dan Kampus Religius

Posted: September 2, 2010 in news

Salah satu usaha dalam mencapai fungsi Al-Qur’an sebagai obat penawar hati serta upaya dalam mewujudkan kampus religius, UNP mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat UNP. Menurut Ketua Pelaksana MTQ UNP, Drs. Nasrul HS, M.Ag., untuk mencapai fungsi Alquran diperlukan langkah-langkah dalam memahami Alquran itu sendiri. “Ada tiga langkah untuk mencapai fungsi alquran, yakni menanamkan kecintaan terhadap Alquran, membaca, dan memahami isinya,” jelas Nasrul dalam sambutannya pada pembukaan MTQ di Lapangan depan Rektorat UNP, Sabtu (16/5).

Adanya MTQ UNP juga merupakan salah satu refleksi dari slogan ‘UNP Kampus Intelektual dan Religius’. Demikian yang dikatakan Koordinator Dewan Hakim MTQ, Dr. Ahmad Kosasih, M.Ag. Menurutnya digelarnya MTQ tingkat UNP merupakan sebuah harapan dan cita-cita agar UNP dapat menjadi kampus religius. “Salah satu penerapan terhadap nilai-nilai religius itu diwujudkan dengan diadakannya MTQ ini,” ujarnya Jumat (22/5). (SKK Ganto)

Diadakannya lomba MTQ ini juga sebagai bentuk persiapan UNP menuju lomba MTQ Tingkat Nasional di Malikussaleh Nanggroe Aceh Darussalam tanggal 28 Juli-2 Agustus mendatang. Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim tentang Peserta Terbaik MTQ Mahasiswa UNP tahun 2009, untuk juara umum diraih oleh kafilah dari Fakultas Ekonomi (FE) dengan total nilai 16 dihitung dari jumlah prestasi yang diperoleh. FE berhasil memperoleh nilai tertinggi dari tujuh cabang yang diperlombakan; Tilawatil Quran, Tartil, Hifdzil, Fahmil, Syarhil, Khaththil, dan Karya Tulis Ilmiah AlQuran yang diikuti 63 kalifah putra dan 35 kalifah putri dari tujuh fakultas se-lingkungan UNP.

Dalam upaya mewujudkan kampus intelektual dan religius, Pembantu Rektor III UNP, Prof. Dr. Ali Zamar, M.Pd.Kons., menyambut gembira acara yang mengusung tema ‘Menerapkan Nilai-nilai Qurani Mewujudkan Kampus Religius’ ini. “Tapi sayang, minat mahasiswa di bidang religi masih kurang kalau dibandingkan dengan bidang-bidang yang lain,” ujarnya Senin (1/6).

Mengenai persiapan universitas menuju MTQ tingkat nasional, Alizamar, menjelaskan pihak universitas telah memfasilitasi penyelenggaraan MTQ UNP dan telah membentuk panitia sebagai langkah awal dalam persiapan menuju MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional XI di Malikussaleh Nangroe Aceh Darussalam. “Kita berharap utusan dari UNP nantinya bisa menjadi juara dan membawa nama baik UNP ke tingkat nasional,” ujarnya kepada Ganto. (SKK Ganto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s